Enaknya Mudik Sembari Mampir ke Gunung Bromo

Siapa yang tak mengenal keindahan Gunung Bromo. Tidak heran sekiranya wilayah tamasya ini senantiasa penuh Pengunjung, tak terkecuali para pemudik yang menghabiskan libur idul fitri tahun ini.

Salah satunya Sampurno. Warga orisinil Probolinggo ini mengaku tiap-tiap tahun senantiasa mudik bersama keluarganya. Tetapi ketika mudik itu pulalah, Sampurno dan keluarganya selalu menyempatkan diri untuk singgah ke gunung Bromo.

"Jikalau telah ke Probolinggo pastinya saya berkunjung ke Bromo. Karena gunung Bromo memang alamnya benar-benar cantik, bahkan sudah diketahui ke mancanegara," ujarnya.

Sampurno menambahkan keluarganya memang menyenangi refreshing ke salah satu gunung berapi yang paling terkenal di Pulau Jawa tersebut.

"Apabila ke Probolinggo, tamasya idul fitri di Bromo dapat sekalian untuk refreshing," tambahnya.

Kepala Seksi 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarmin juga mengucapkan sepanjang libur lebaran tahun ini. Jumlahnya dapat menempuh 3.000 Wisatawan atau naik 100 persen dari hari-hari umumnya.

"Mereka rata-rata warga Probolinggo dan sejumlah tempat lain. Pun warga luar negara malah juga ada yang datang ke Bromo," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo, Sidik Wijanarko menambahkan, selama libur idul fitri, banyak kawasan wisata di Probolinggo yang menjadi jujukan wisatawan, salah satunya Gunung Bromo.

"Jadi mereka sengaja mendatangi Gunung Bromo di ketika berada di Probolinggo," jelasnya.

Melainkan Sidik mengaku tempat tamasya yang ramai dikunjungi warga masyarakat, tidak cuma di Gunung Bromo saja, tapi juga daerah wisata lainnya seperti Patani Bentar dan Pantai Duta.

"Mereka berdatangan ke tempat wisata untuk berliburan saat lebaran bersama keluarganya," imbuhnya.